KASIH SAYANG SEORANG IBU

Standard

Administrasi Bisnis, FISIP USU Medan, Sumatera Utara, di sinilah saya saat ini mengabdikan diriku untuk menjalani pendidikan saya.

Tepat pada hari sabtu saya sedang tidak ada mata kuliah alias libur. Tepat pula pada hari itu saya ada Ibunda sebuah bangsa yang KUAT dan TERHORMAT adalah wanita-wanita yang DICINTAI dan DIMULIAKANseminar “Brain Development” di Politeknik Negeri Medan dari pukul 10.00-15.00 WIB. Dalam seminar tersebut pembicara menjelaskan tentang bagaimana fungsi otak kiri dan otak kanan dan apa sebenarnya mamfaat masing-masing dari bagian otak tersebut, ya…walaupun dalam seminar itu ada unsur penjelasan “Hypno Sugesti Power”. Saya sangat senang mengikuti seminar tersebut, selain saya mendapatkan pengetahuan dan pengalaman saya juga mendapatkan sebuah buku dari Aris Ahmad Jaya alias Mr. Sugesti Indonesia yang berjudul “30 Hari Mencari Jati Diri”. Buku tersebut memberikan suatu pengaruh dan mampu menyentuh kalangan muda sehingga lebih optimis dan memiliki impian hidup.

Lalu hari demi hari saya membaca buku tersebut dan apa yang terjadi….? Saya tiba dihalaman 137 hari ke-18 yang berjudul saat itu tentang “Makna Pengorbanan”. Saya tertarik dengan judul tersebut dan saya tidak langsung membacanya karena saya harus makan sebelum jam makan saya lewat. Setlah saya makan, saya kembali membuka perlahan buku tersebut dan saya melanjutkan bacaan dengan membuka halaman selanjutnya. Upzz…..dan ternyata bacaan yang keluar pertama dalam Teori “Makna Pengorbanan” itu adalah sebuah puisi yang berjudul “Bila Ibu Boleh Memilih”. Begini gambaran singkat isi puisinya :

Anakku,

Bila ibu boleh memilih

Apakah ibu berbadan langsing atau berbadan besar karena mengandungmu

Maka ibu akan memilih mengandungmu

Karena dalam mengandungmu ibu merasakan keajaiban dan kebesaran Allah

 

Sembilan bulan nak….engkau hidup diperut ibu

Engkau ikut kemanapun ibu pergi

Engkau ikut merasakan ketika jantung ibu berdetak karena kebahagiaan

Engkau menendang rahim ibu ketika engkau merasa tidak nyaman, karena ibu

kecewa dan berurai air mata

Anakku,…

Bila ibu boleh memilih apakah ibu harus operasi caesar, atau ibu harus berjuang

Melahirkanmu

Maka ibu memilih berjuang melahirkanmu

Karena menunggu dari jam ke jam,

Menit ke menit kelahiranmu

Adalah seperti menunggu antrian memasuki salah satu pintu surga

Karena kedahsyatan perjuanganmu untuk mencari jalan ke luar ke dunia sangat

ibu rasakan

Dan saat itulah kebesaran Allah menyelimuti kita berdua

Malaikat tersenyum diantara peluh dan erangan rasa sakit,

Yang tak pernah bisa ibu ceritakan kepada siapapun.

…….

…….

…….

Tetapi anakku…

Hidup memang pilihan…

Jika dengan pilihan ibu, engkau merasa sepi dan merana

Maka maafkanlah nak…

Maafkan ibu…

Maafkan ibu…

Percayalah nak, ibu sedang menyempurnakan puzzle kehidupan kita, agar tidak

ada satu kepingpun bagian puzzle kehidupan kita yang hilang

Percayalah nak…

Sepi dan ranamu adalah sebagian duka ibu

Percayalah nak..

Engkau adalah selalu menjadi belahan nyawa ibu

Ratih Sanggarwati

Jakarta, 21 Agustus 2004

 

Begitulah isi puisi ini dan seketika itu setalah saya membaca puisi indah ini maka saya merindukan kasih sayang seorang ibu yang cukup lama tidak saya dapatkan secara langsung. Saya tahu itu mungkin karena saya terpisah dengan orang tua saya. Saya masih ingat setelah beberapa tahun saya pernah dimarahi orang tua saya karena kesalahan kecil yang saya perbuat. Tetapi itu semua saya yakini bahwa hal yang dilakukan kepada saya dengan amarah seorang ibu hanya semata-mata kasih sayang beliau yang diungkapkan dengan tindakan dan ucapan amarah. Sayabersyukur ketika saya pernah dimarahi dengan berbagai nasihat bijak ibu selama ini. Adanya amarah ibu membawa saya mengalami perubahan karakter yang sesungguhnya dan mengalami sebuah kesadaran untuk melakukan pengembangan diri lebih baik untuk masa depan.

Terima kasih ibu…Kasih sayangmu tak akan terlupakan. Love my mom……..

ELS WRITING COMPETITION 2011

About Welcome @ FebriSamuel_GreenBlog_

Currently studying at Business Administration Department (AB), Faculty of Social Science and Politic Science, North Sumatera University. I Love doing activities with my organization intra and ekstra and I'm love join competition, leadership training, especially Writing. My hobby is sport like Futsal, Badminton, and I love writing some article, essay, etc. Enjoy about everything, like join conference and leadership training, environment issue, and youth empowerment. Thanks God for everything. Chang Maker....

Leave a Reply

