Danamon Young Leaders Award 2012

Standard
DYLA 2012

DYLA 2012

With all of participant, adju of competition, and head of Campus DCU

With all of participant, adju of competition, and head of Campus DCU

Sebagai institusi keuangan yang berkomitmen untuk “peduli dan membantu jutaan orang untuk sejahtera”, Danamon memberi kesempatan kepada generasi muda Indonesia untuk menikmati proses pembelajaran kepemimpinan di Danamon, yang terbukti telah sukses menyumbangkan pemimpin-pemimpin yang andal bagi dunia perbankan Indonesia. Setiap tahun Danamon menyelenggarakan program pembelajaran sekaligus kompetisi kepemimpinan yang dinamai Danamon Young Leaders Award (DYLA).

Di ajang ini para mahasiswa yang memenuhi kualifikasi dikumpulkan di kampus Danamon Corporate University, Ciawi, selama 4 hari penuh untuk bersama-sama melaksanakan program pelatihan leadership, character development, strenght finder, diskusi, dan kompetisi mengenai pembuatan media sosial suatu perusahaan dengan total hadiah sebesar Rp 40.000.000 serta keakraban bersama untuk saling mengenal satu sama lain.

Tahun ini, DYLA mengambil sebuah tema yaitu “Be Yourself, and Unleash Your Unique Strength to Succeed” yaitu “Fokus pada kekuatan, namun kelola lah kelemahan”. Gallup mengembangkan alat untuk membantu kita mengenali kekuatan yang ada pada diri kita. Versi yang terkini adalah StrengthsFinder 2.0, dengan mana seseorang yang mengikuti asesmen tersebut dapat mengenali 5 talenta dominannya, yang dapat digunakan sebagai pijakan untuk sukses. Setiap orang tidak sama, dan setiap orang unik. Daripada menghamburkan waktu kita untuk berusaha meniru-niru orang lain, bukankah lebih baik kalau seseorang fokus ke dalam dirinya, berusaha mengenali kekuatannya dan membangkitkan semua talenta yang ada pada dirinya untuk mencapai sukses?

Pada bulan desember 2012 sekitar tanggal 13 dan pada waktu itu saya sedang rapat natal Administrasi Bisnis di kampus, tiba-tiba saya mendapat sebuah telpon dari salah satu panitia Danamon yang menyatakan kalau saya lulus sebagai peserta Danamon Young Leaders Award pada tanggal 16 – 21 Desember 2012 di Ciawi-Bogor. Lalu saya disuruh untuk mengecek email mengenai info pack dan persiapan yang harus dilakukan menjelang keberangkatan, termasuk tiket pesawat saya yang juga akan disiapkan oleh Danamon dua hari sebelum berangkat. Waktu itu, saya terkejut dan hampir tidak percaya kalau saya diterima karena melihat program ini dalah program bergengsi dan hanya menyeleksi 20 orang saja se-Indonesia. Perasaan senang,,,bahagia,,dan bersyukur selalu saya ekspresikan waktu itu. Akhirnya keinginan dan harapan saya dijawab oleh Tuhan sebelum mengakhiri bulan desember 2012.

Saya terus melakukan persiapan sebelum keberangkatan termasuk menge-print tiket pesawat yang dikirimkan pihak Danamon ke email waktu itu. Melihat tiketnya, saya naik pesawat Lion ke Jakarta dengan keberangkatan pada 16 Desember 2012 pukul 05.45 WIB dipagi hari dan kembali lagi ke Medan pada tanggal 21 Desember 2012 pukul 09.35 WIB dengan pesawat yang sama.

Day 0 – Minggu, 16 Desember 2012.
Setibanya di Bandara Soekarno Hatta, Jakarta pukul 09.30 saya disambut oleh Bapak Amir dari Danamon yang kebetulan sebagai koordinator yang menunggu dan menjembut para peserta dari luar kota. Waktu itu, saya adalah peserta tunggal dari USU dan sekaligus dari Sumatera Utara yang sampai duluan di Bandara Soetta, Jakarta. Lalu, saya beserta Bapak Amir menunggu peserta dari kota lainnya seperti dari Jogja, Padang, Malang, Surabaya, dan Semarang sampai pukul 12 siang sebelum berangkat menuju Bogor. Khusus untuk yang dari Jakarta, Bandung dan sekitarnya mereka dijemput melalui travel yang sudah disiapkan oleh panitia.
Setelah berkumpul semua di Bandara, lalu kami berangkat ke Bogor mengggunakan mobil avanza yang sudah disediakan panitia.

Dalam program DYLA ini, 20 mahasiswa/i terbaik yang sudah diseleksi dan memenuhi kualifikasi penyeleksian dikumpulkan di Kampus Danamon Corporate University, Ciawi-Bogor sebagai pusat training bagi setiap karyawan Danamon dari seluruh Indonesia dengan fasilitas yang sangat lengkap oleh Bank Danamon. Berbagai fasilitas bisa kami nikmati si DCU ini, termasuk kebutuhan sehari-hari mulai dari sarapan, lunch, makan malam, sesi coffee break 2x sehari, penginapan berkelas, laundry setiap hari dan fasilitas lainnya. It’s amazing event by Bank Danamon.

Lalu kami melakukan check-in dan dijamu dengan makan siang, lalu setelah menjelang sore hari hingga malam, kami berkumpul bersama untuk saling berkenalan dan mengakrabkan diri sambil berjalan-jalan keliling kampus untuk mengenal kampus DCU bersama Om Budi yang sebagai pembimbing kami di sana. Lalu, kami menuju tempat makan makan malam yang sudah disediakan panitia dan pada waktu itu acara masih bebas sambil menunggu besoknya untuk berangkat ke Jakarta.

Future Leaders

Future Leaders

Boy's of DYLA 2012

Boy’s of DYLA 2012

Girl's of DYLA 2012

Girl’s of DYLA 2012

IMG_1298

Day 1 – Senin, 17 Desember 2012
Hari pertama, kami harus bangun pagi-pagi bener untuk menuju Gedung Graha Surya Internusa, Jakarta pada pukul 06.00 WIB. Acara pertama kami memasuki ruangan Corporate Culture Bank Danamon. Setelah itu, acara dimulai dengan sarapan dan pembagian kenang-kenangan dari Danamon terkhusus buku StrengthFinder 2.0 yang langsung didatangkan dari Singapur. Setelah itu, diawali dengan pembukaan presentasi dan cerita menarik mengenai pengalaman hidup oleh Bapak Joseph Bataona, Direktur Human Resource Bank Danamon Indonesia, Tbk.

IMG_1384

Kemudian kami dibekali mengenai “Discover Your Strength” oleh salah seorang pihak dari Danamon yang ahli dibidangnya. Tidak hanya itu, kami juga dibekali dengan perkenalan mengenai program ini lebih lanjut dan mengenai Bank Danamon Indonesia, Tbk mulai dari budaya perusahaan hingga kinerja karyawan. Kami dibawa ke ruangan HR untuk melihat kinerja karyawan secara langsung serta sesi OnBoarding. Hingga sore hari, acara selesai dan kami melakukan sesi photo bersama di perusahaan tersebut, lalu kami kembali menuju Kampus Ciawi.

In front of Corporate Culture Room

In front of Corporate Culture Room

At Room of Corporate Culture

At Room of Corporate Culture

At Corporate Room of Danamon Jakarta

At Corporate Room of Danamon Jakarta

IMG_1399

Day 2 – Selasa, 18 Desember 2012.
Hari kedua diawali dengan senam pagi bersama sambil menikmati kesegaran cuaca di Bogor waktu itu. Untuk hari kedua ini hingga keempat setiap kegiatan akan dilaksanakan di Kampus DCU, Ciawi-Bogor. Pukul 09.00 WIB kegiatan program diawali dengan mengikuti sesi Project Manajement oleh Bapak Yudi Yudoyoko dan Leadership Insight.

Senam Pagi

Senam Pagi

Project Management by Bapak Yudi Yudoyoko

Project Management by Bapak Yudi Yudoyoko

Kegiatan selesai pada pukul 17.00 WIB dan dilanjutkan dengan Briefing Kompetisi pada pukul 19.00 WIB setelah makan malam. Setelah briefing dan pembagian kelompok, lalu dilanjutkan dengan acara bebas sambil berdiskusi dengan masing-masing kelompok. Kebetulan waktu itu, saya menjadi kelompok 3 bersama teman-teman dari berbagai universitas. Saya akan perkenalkan mereka di sini, yaitu ada Abdul (UNPAD), Febri (USU), Peter (BINUS), Irma (UI), dan Fira (UNDIP). Malamnya kami berdiskusi untuk menentukan program media sosial apa yang akan kami buat berdasarkan kasus yang diberikan oleh Danamon. Kebersamaan, ide, solusi dimulai malam itu hingga besoknya sebelum kami diskusi dan mengerjakan project tersebut seharian penuh.

Team 3 of DYLA Competition

Team 2 of DYLA Competition

Day 3 – Rabu, 19 Desember 2012.
Hari ketiga ini diawali dengan aktivitas pagi yaitu jalan-jalan pagi mengelilingi lingkungan kampus dan lingkungan masyarakat sekitar. Pada waktu itu, kami melewati berbagai tempat sambil berfoto-foto mencari background yang bagus hingga kami melewati lahan pertanian masyarakat di daerah tersebut, lalu mengambil sesi foto bersama di sebuah pertanian masyarakat dengan beckground gunung Salak dibelakang kami. Udara segar, cuaca yang dingin membuat kami semakin bersemangat melakukan perjalanan kaki yang lumayan panjang.

Olahraga pagi dengan berjalan bersama

Olahraga pagi dengan berjalan bersama

Kebersamaan dipagi hari

Kebersamaan dipagi hari

Keindahan alam Ciawi_Bogor

Keindahan alam Ciawi_Bogor

Lalu, sepanjang hari di hari ketiga ini kami tidak ada sesi pembekalan apapun. Hanya seharian penuh kami mengawali dengan kerja kelompok mempersiapkan kompetisi yang akan dipresentasikan di hari keempat.

Day 4 – Kamis, 20 Desember 2012.
Hari keempat adalah hari terakhir program DYLA. Diawali dengan persiapan presentasi dan kompetisi dari masing-masing kelompok dihadapan para juri yang ada.

IMG_1684 Tim 1 Kompetisi DYLA[/caption]

Tim 2 Kompetisi DYLA

Tim 2 Kompetisi DYLA

Tim 3 Kompetisi DYLA

Tim 3 Kompetisi DYLA

Tim 4 Kompetisi DYLA

Tim 4 Kompetisi DYLA

Setelah sesi kompetisi, program secara resmi berakhir pukul 16.00 WIB dan ditutup oleh perwakilan Senior Managenent Danamon. Selanjutnya seluruh peserta, tim DYLA dan para juri akan menikmati makan malam bersama diluar kampus yaitu ke Resto Cimory, Bogor sambil menunggu pengumuman pemenang kompetisi juara 1 dan 2 di tempat yang sama.

Suasana Cimory saat sore hari

Suasana Cimory saat sore hari

At Resto Cimory, Bogor

At Resto Cimory, Bogor

At Resto Cimory, Bogor

At Resto Cimory, Bogor

Malam itu, adalah sesi terakhir untuk secara bersama-sama di program DYLA 2012. Ada kesedihan dan kebahagiaan tersendiri ketika masing-masing dari kami mengucapkan sepatah dua patah kata tentang DYLA. Bercanda ria, senyuman mengakhiri program tersebut dengan hadiah, uang, menu makan malam yang special yang diberikan Danamon kepada seluruh peserta serta pembuatan rekening baru Danamon yang berisi sejumlah uang oleh Danamon. Setelah itu, kami kembali ke kampus dan menikmati malam terkahir bersama-sama di kampus sambil bermain games yang kami mainkan.

Hari Kepulangan – Jumat, 21 Desember 2012.
Setiap peserta mempersiapkan diri untuk kembali ke daerahnya masing-masing. Ada beberapa orang yang sudah pulang khususnya yang berasal dari Jakarta dan Bandung. Dan saya beserta teman-teman dari daerah lain kembali ke Bandara Soetta, Jakarta untuk pulang ke kota kami masing-masing.

Charter Award from Danamon

Charter Award from Danamon

Pembelajaran, Pengalaman, dan Kenangan membuat kami semakin percaya bahwa kesuksesan sudah berada di depan kami. Banyak hal yang kami dapat khususnya mengenai character development and leadership serta kekuatan yang kami miliki untuk dikembangkan lebih lanjut. So, akhir dari cerita ini saya hanya memberikan 3 kata yang menjadi motto hidup saya untuk keberhasilan dan prestasi ke depannya. Motto tersebut adalah “Be Confident, Be YourSelf, Be Inspiring”. Berbagai dalam kebersamaan akan indah tepat pada waktunya.

^_^

Advertisements

About Welcome @ FebriSamuel_GreenBlog_

Currently studying at Business Administration Department (AB), Faculty of Social Science and Politic Science, North Sumatera University. I Love doing activities with my organization intra and ekstra and I'm love join competition, leadership training, especially Writing. My hobby is sport like Futsal, Badminton, and I love writing some article, essay, etc. Enjoy about everything, like join conference and leadership training, environment issue, and youth empowerment. Thanks God for everything. Chang Maker....

4 responses »

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s